Inbox Promo
Syarat & Ketentuan
Selamat datang di situs www.ruparupa.com . Harap membaca Syarat dan Ketentuan penggunaan di bawah ini dengan saksama. Dengan mengakses atau menggunakan www.ruparupa.com atau aplikasi mobile Ruparupa, Anda dianggap telah memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
Jika Anda berusia di bawah 18 tahun, maka Anda harus memperoleh persetujuan dari orang tua atau wali Anda, penerimaan atau persetujuan orang tua/wali terhadap syarat dan ketentuan ini beserta persetujuan mereka untuk mengambil tanggung jawab untuk tindakan Anda, biaya yang terkait dengan penggunaan setiap layanan atau Pembelanjaan Produk dan penerimaan dan kepatuhan Anda sesuai dengan Syarat & Ketentuan ini. Jika Anda tidak memiliki izin dari orang tua atau wali, Anda harus berhenti menggunakan/mengakses menggunakan situs ini ataupun aplikasi mobile Ruparupa.
1. Definisi
  • 1.1 Ruparupa adalah Produk dari PT Omni Digitama Internusa, yaitu perseroan terbatas yang didirikan secara resmi berdasarkan hukum Indonesia.

  • 1.2 Platform Ruparupa adalah sistem yang dapat digunakan oleh Pengguna untuk menggunakan layanan yang disediakan Ruparupa, yakni situs www.ruparupa.com dan aplikasi mobile Ruparupa.

  • 1.3 Toko adalah pihak yang bekerja sama dengan Ruparupa sebagai penyedia Produk yang dijual di Platform Ruparupa diantaranya Ace Hardware, Informa, Toys Kingdom, Marketplace).

  • 1.4 Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Ruparupa, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli ataupun hanya sekadar mengakses informasi atau konten yang ada di Platform Ruparupa.

  • 1.5 Syarat dan Ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Ruparupa yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab, dan tata cara bagi Pengguna dan Ruparupa dalam menggunakan layanan Ruparupa.

  • 1.6 Konten adalah semua materi atau informasi yang ada dalam atau tersedia melalui Platform Ruparupa, termasuk namun tidak terbatas pada teks, grafik, logo, ikon, gambar, klip audio, unduhan digital, penggabungan data, perangkat lunak, dan semua hak kekayaan intelektual dalam Platform Ruparupa.

  • 1.7 Produk adalah barang berwujud/memiliki fisik atau layanan di Platform Ruparupa yang disediakan oleh Ruparupa, Toko, dan/atau penjual terdaftar yang dapat dibeli oleh Pengguna.

  • 1.8 Pembelanjaan adalah transaksi pembelian Produk yang dilakukan Pengguna melalui Platform Ruparupa.

  • 1.9 Pesanan adalah hasil dari Pembelanjaan Produk oleh Pengguna melalui Platform Ruparupa yang harus dipenuhi oleh Ruparupa. Satu Pesanan memiliki satu nomor Pesanan yang unik, tetapi dapat terdiri dari beberapa nomor invoice.

2. Akun
2.1 Pada saat melakukan pendaftaran akun, Pengguna menyatakan bahwa:
  • Pengguna adalah individu yang telah mencapai usia 18 (delapan belas) tahun atau lebih pada saat menggunakan layanan Ruparupa ataupun pengguna di bawah usia 18 tahun tetapi sudah memperoleh persetujuan dari orangtua/wali.

  • Pengguna adalah individu/badan hukum/badan usaha dengan legalitas sebagaimana disyaratkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia.

  • Pengguna menyatakan bukan individu dan/atau badan hukum yang dilarang oleh hukum negara Republik Indonesia untuk menerima atau menggunakan layanan Ruparupa.

  • Pengguna menyatakan bahwa semua informasi dan/atau dokumen yang diisi atau disampaikan kepada Ruparupa adalah akurat, benar, lengkap, terkini, dan sesuai.

2.2 Pengguna bertanggung jawab secara penuh terhadap kerahasiaan informasi akun Pengguna, termasuk alamat email, sandi, kode voucher, membership, dan hal lainnya.
2.3 Ruparupa berhak untuk melakukan pemeriksaan terkait kebenaran, keabsahan informasi, atau dokumen yang diserahkan kepada Ruparupa. Jika ditemukan adanya penipuan atau ketidaksesuaian berdasarkan penilaian Ruparupa, maka Ruparupa berhak mengakhiri, membatalkan, atau memblokir akses dan akun Pengguna ke layanan Ruparupa.
2.4 Pengguna dapat mengubah informasi akun seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pengguna hanya diperkenankan menggunakan satu alamat email untuk didaftarkan pada Platform ruparupa.
2.5 Ruparupa tidak memungut biaya atas pendaftaran ataupun perubahan informasi akun kepada Pengguna.
2.6 Ruparupa berhak untuk melakukan verifikasi nomor telepon dan alamat email Pengguna menggunakan one time password (OTP).
3. Pengguna Layanan
3.1 Pengguna setuju untuk mematuhi setiap kebijakan, prosedur, pedoman, instruksi, dan pemberitahuan yang berkaitan dengan layanan Ruparupa.
3.2 Akses pada layanan ini hanya diperkenankan untuk keperluan dan kepentingan berbelanja serta informasi yang terkait dengan layanan Ruparupa.
3.3 Pengguna dilarang memuat atau menerbitkan konten yang melanggar hak cipta, hak paten, merek dagang, merek layanan, rahasia dagang, atau hak kekayaan intelektual lainnya.
3.4 Pengguna dilarang menggunakan atau mengunggah perangkat lunak atau material yang mengandung/dicurigai mengandung virus, komponen merusak, kode berbahaya, atau komponen berbahaya lainnya dengan cara apapun yang dapat merusak data, mengakibatkan kerusakan, atau mengganggu pengoperasian komputer Pengguna atau perangkat mobile Pengguna lainnya.
3.5 Ruparupa berhak untuk memantau, menyaring, atau mengontrol setiap aktivitas, isi, atau materi yang terdapat pada Ruparupa.
3.6 Ruparupa berhak melakukan tindakan yang dianggap tepat dan sesuai apabila terjadi penyalahgunaan layanan ataupun pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku.
4. Akurasi Produk
4.1 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa warna yang ditampilkan pada layar monitor mungkin berbeda dikarenakan adanya variasi warna yang tidak sama pada setiap perangkat. Ruparupa tidak menjamin warna yang tampil akan sama karena tergantung pada pencahayaan, pengaturan, atau resolusi layar monitor dan browser yang Pengguna gunakan. Ruparupa berusaha sebaik mungkin untuk memastikan warna yang ditampilkan adalah warna yang sama dengan produk sebenarnya.
4.2 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan Produk yang tertera pada Platform Ruparupa mungkin tidak sesuai dengan ketersediaan aktual yang disebabkan oleh beberapa hal seperti Produk rusak/cacat, kesalahan sistem, atau kesalahan teknis lainnya. Sehubungan dengan itu Pengguna menyetujui bahwa Ruparupa berhak mengalihkan, menolak, atau membatalkan Pesanan terkait.
4.3 Pengguna memahami bahwa Ruparupa selalu melakukan upaya terbaik untuk memastikan ketepatan/kesesuaian semua rincian, deskripsi, dan harga yang terdapat pada layanan Ruparupa.
4.4 Apabila terjadi ketidaktepatan/ketidaksesuaiaan pada informasi produk, maka Ruparupa berhak menolak/membatalkan Pesanan.
5. Harga dan Layanan
5.1 Harga yang tertera pada produk merupakan harga produk atau sesuai dengan rincian, deskripsi, kuantitas, atau informasi yang terdapat pada produk tersebut dan tidak termasuk biaya pengiriman, biaya Packing, biaya instalasi, dan biaya layanan.
5.2 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa terdapat biaya layanan yang dapat dibebankan kepada Pengguna sesuai dengan zona harga yang ditentukan:
  • Jika Pengguna membeli Produk dari zona harga satu dan Produk tersebut dikirimkan ke zona harga yang berbeda, maka Pengguna akan dibebankan biaya layanan.

  • Jika Pengguna membeli Produk dari zona harga satu dan Produk tersebut dikirimkan ke zona harga yang sama, maka Pengguna tidak akan dibebankan biaya layanan.

5.3 Detil Zona

Informa :

  • Zona Harga 1: JABODETABEK, Badung, Bandar , Lampung, Bandung, Banyumas, Banyuwangi, Batam, Cilegon, Cimahi, Cirebon, Denpasar, Gresik, Jember, Karawang, Kediri, Kudus, Lamongan, Madiun, Magelang, Malang, Mojokerto, Semarang, Sidoarjo, Sleman, Sragen, Sukabumi, Surabaya, Surakarta, Tasikmalaya, Tegal, Yogyakarta

  • Zona Harga 2: Balikpapan, Banjarmasin, Bengkulu, Jambi, Makassar, Mataram, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Prabumulih, Samarinda

  • Zona Harga 3: Ambon, Banda Aceh, Gorontalo, Kendari, Kupang, Manado.

Ace Hardware:
  • Zona Harga 1: Jabodetabek, Bandung, Cilegon, Cirebon, Jatinangor, Karawang, Sukabumi, Sumedang, Batam, Lampung, Kudus, Purwokerto, Semarang, Solo, Tegal, Yogyakarta, Sleman, Gresik, Jember, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Bali.

  • Zona Harga 2: Lombok, Bengkulu, Jambi, Palembang, Pangkalpinang, Medan, Padang, Pekanbaru, Dumai, Banjarbaru, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Samarinda, Makassar

  • Zona Harga 3: Aceh, Gorontalo, Kendari, Manado, Kupang, Maluku

5.4 Harga yang tercantum pada Platform Ruparupa adalah harga jual pada Zona Harga 1.
5.5 Pengguna menyetujui bahwa Ruparupa berhak menolak atau membatalkan baik sebagian maupun seluruh Pesanan yang menggunakan harga yang salah akibat kesalahan pengetikan, kesalahan promosi, atau kesalahan lainnya meskipun Pengguna sudah melakukan pembayaran.
6. Pembayaran
6.1 Ruparupa bekerja sama dengan penyedia jasa perbankan/layanan pembayaran yang terpercaya dalam menyediakan berbagai metode pembayaran di Platform Ruparupa yang dapat digunakan oleh Pengguna sesuai Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
6.2 Pengguna menyetujui bahwa dalam melakukan Pembelanjaan, pengguna wajib menggunakan dan berhak memilih metode pembayaran yang tertera pada Platform Ruparupa.
6.3 Pengguna wajib untuk membayar penuh atas setiap Pembelanjaan yang dilakukan dalam jangka waktu yang ditentukan untuk setiap metode pembayaran yang dipilih Pengguna. Jika Pengguna belum melaksanakan pembayaran dalam kurun waktu yang ditentukan, maka Ruparupa berhak menyatakan bahwa Pesanan telah dibatalkan oleh Pengguna.
6.4 Pengguna memahami dan menyetujui jika ada diskon harga atau keuntungan lain atas pesanan yang telah dibuat tetapi tidak melakukan pembayaran sampai batas waktu yang ditentukan maka pesanan akan dibatalkan
6.5 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala kerugian yang timbul akibat Pengguna tidak mengikuti metode pembayaran yang tertera pada Platform Ruparupa sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
6.6 Ruparupa tidak membebankan biaya administrasi kepada Pengguna untuk semua metode pembayaran.
Virtual Account
6.7 Transfer ke virtual account dapat dilakukan melalui jaringan bank yang bekerja sama dengan Ruparupa yang tertera di Platform Ruparupa.
6.8 Pembayaran dengan metode virtual account tidak dapat dilakukan melalui setor tunai di bank.
6.9 Nilai minimum untuk melakukan transfer ke virtual account:
  • Bank BCA: Rp10.000.

  • Bank lainnya: Rp1.000.

Cicilan Tanpa Kartu (Kredivo)
6.10 Pengguna wajib memiliki akun Kredivo, atau mendaftar akun Kredivo dengan menyiapkan dokumen: Kartu Identitas (KTP), Bukti Tempat Tinggal, Bukti Penghasilan (Akun Internet Banking) di halaman https://www.ruparupa.com/kredivo
6.11 Layanan Kredivo berlaku untuk pelanggan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.
6.12 Bayar dalam 30 Hari tanpa minimum transaksi dengan transaksi maksimum sesuai dengan limit kredit Anda. Bunga 0% untuk pembayaran tidak lebih dari 30 hari.
6.13 Cicilan 3, 6, 12 Bulan berlaku untuk pembelian 1 atau lebih produk dalam 1 keranjang belanja dengan minimum transaksi Rp. 500.000,- dan maksimum sesuai dengan limit kredit Anda (maksimum 30 juta). Bunga 0% dengan admin fee 3% untuk cicilan 3 bulan dan bunga 2,6% per bulan untuk cicilan 6 dan 12 bulan. Ketersediaan tenor cicilan dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan Kredivo
6.14 Produk dengan metode pembayaran Kredivo tidak dapat dikembalikan lebih dari 30 hari setelah transaksi, dan tidak dapat dikembalikan dalam bentuk uang.
6.15 Seluruh rincian dan status cicilan dapat dipantau melalui aplikasi Kredivo
6.16 Syarat dan Ketentuan pengguna Kredivo yang berlaku adalah yang tercantum dalam website Kredivo https://www.kredivo.id/p/in/tos.html
Cicilan Tanpa Kartu (Danakini)
6.17 Pengguna wajib memiliki akun Danakini, atau mendaftar akun Danakini dengan menyiapkan dokumen: Kartu Identitas (KTP) di halaman https://www.ruparupa.com/danakini
6.18 Cicilan 3, 6,9 & 12 Bulan berlaku untuk pembelian 1 atau lebih produk dalam 1 keranjang belanja dengan minimum transaksi Rp. 200.000,- dan maksimum sesuai dengan limit kredit Anda (maksimum 30 juta).
6.19 Bunga yang berlaku:
Bunga periode promo:
  • 1,49%/bulan untuk tenor 3, 6, 9 dan 12 Bulan (berlaku hingga Desember 2022)
Bunga periode normal:
  • Tenor 3 bulan: Bunga 2,95%

  • Tenor 6 bulan: Bunga 2,95%

  • Tenor 9 bulan: Bunga 3,45%

  • Tenor 12 bulan: Bunga 3,45%

6.20 Admin fee 0% untuk semua jenis cicilan
6.21 Pengembalian dana dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
  • 0 - 30 hr : tidak dikenakan denda

  • 31 - 45 hr : Pinalty 1.25%

  • >45 hr : tidak dapat Refund

6.22 Seluruh rincian dan status cicilan dapat dipantau melalui aplikasi Danakini.
Kartu Kredit
6.23 Pembayaran dengan kartu kredit berlaku untuk kartu kredit yang berlogo VISA, MasterCard, atau JCB yang bekerjasama dengan Ruparupa.
6.24 Cicilan 0% selama 12 (dua belas) bulan untuk pengguna kartu kredit BNI, BCA, BRI, Bukopin, CIMB Niaga, Danamon, HSBC, Mandiri, OCBC NISP, Panin Bank, Permata, Standard Chartered, dan Digibank dengan minimum pembelanjaan Rp3.000.000.
6.25 Cicilan 0% selama 6 (enam) bulan untuk pengguna kartu kredit BNI, BCA, BRI, Bukopin, CIMB Niaga, Danamon, HSBC, Mandiri, OCBC NISP, Panin Bank, Permata, Standard Chartered, dan Digibank dengan minimum pembelanjaan Rp1.000.000.
6.26 Cicilan 0% selama 3 (tiga) bulan untuk pengguna kartu kredit BNI, BCA, BRI, Bukopin, Danamon, HSBC, Mandiri, OCBC NISP, Panin Bank, Permata, Standard Chartered, dan Digibank dengan minimum pembelanjaan Rp500.000.
6.27 Konversi cicilan 0% di Platform Ruparupa membutuhkan waktu 7–14 hari kerja sejak pembayaran kartu kredit diterima oleh Ruparupa.
6.28 Jika Pengguna sudah memilih konversi cicilan 0%, tetapi Pembelanjaan tetap tertagih penuh dan/atau dikenakan bunga tagihan, maka Pengguna dapat menghubungi Ruparupa.
Debit Online
6.29 Pembayaran dengan debit online berlaku untuk kartu debit yang berlogo VISA atau MasterCard yang bekerjasama dengan Ruparupa.
Uang Elektronik
6.30 Pengguna dapat menggunakan OVO Cash, OVO Point, atau OVO PayLater untuk melakukan pembelanjaan di Ruparupa dengan minimum Pembelanjaan Rp10.000.
6.31 Pengguna dapat menggunakan Gopay untuk melakukan pembelanjaan di Ruparupa dengan minimum pembelanjaan Rp 10.000.
7. Member INFORMA
SYARAT & KETENTUAN MEMBER INFORMA
  1. Setiap transaksi Rp100.000 akan mendapatkan 1 Point Rewards.
  2. Poin dan manfaat Member dapat diperoleh dengan memasukkan Member Informa Rewards Anda ke akun Ruparupa atau Informa Online.
  3. Penukaran poin dilakukan dengan memasukkan PassKey.
  4. Masa aktif Informa Rewards berlaku selamanya.
  5. Masa berlaku poin Anda 12-15 bulan, jika tidak digunakan maka akan hangus.
  6. Member Informa Rewards khusus untuk perorangan, tidak ditujukan untuk perusahaan/institusi/organisasi, dan tidak dapat dipindah-tangankan.
  7. Informa berhak mengubah mekanisme dan/atau membatalkan program Informa Rewards kapan saja, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  8. Dengan menjadi Member Informa Rewards, Anda bersedia mengikuti setiap ketentuan program yang berlaku dan menyetujui untuk menerima segala bentuk informasi & promosi dari Informa.
8. Pengiriman Pesanan

Delivery to Home (Regular)

Untuk metode pengiriman Delivery to Home (Regular), pesanan Anda akan tiba di alamat yang telah Anda tentukan dalam waktu 2-5 hari kerja untuk wilayah Jabodetabek dan 4-14 hari kerja untuk wilayah luar Jabodetabek. Layanan pengiriman sudah mencakup seluruh wilayah Indonesia.

Delivery to Home (Instant)

Ruparupa bekerjasama dengan GO-JEK dan Blue Bird menyediakan layanan Instant Delivery dan Same Day Delivery yang memungkinkan Anda menerima pesanan di hari yang sama.

Syarat & Ketentuan pengiriman dengan GO-SEND & Blue Bird:

  1. Pelanggan harus mencantumkan nomor telepon yang valid pada profil, serta memasukkan titik koordinat alamat pengiriman ketika checkout
  2. Produk Anda dapat dikirimkan dari toko yang berbeda tergantung dari ketersediaan produk. Satu driver hanya dapat mengirimkan produk dari 1 toko (ACE/Informa/Toys Kingdom/Pet Kingdom) yang sama.
  3. Seluruh pengiriman akan mulai diproses pukul 11:30 waktu setempat setiap harinya.
  4. Transaksi yang dilakukan di Hari Sabtu – Minggu dan Hari Libur Nasional akan diproses pada hari berikutnya.

9. Gratis Biaya Pengiriman
Jabodetabek
9.1 Berlaku hanya untuk jenis pengiriman reguler dari toko Jabodetabek dan ke wilayah Jabodetabek.
9.2Berlaku untuk pengiriman ke alamat yang sama dengan minimum belanja Rp500.000.
9.3 Tidak ada batas maksimum subsidi ongkir.
9.4 Nominal Rp500.000 terhitung dari total belanja setelah potongan Kode Promo/Voucher/Cashback.
9.5 Tidak berlaku penggabungan dengan metode "Pengiriman Instan”.
9.6 Tidak berlaku untuk metode pengambilan barang di toko.
9.7 Gratis Ongkir akan dianggap hangus apabila pengiriman pertama gagal dikarenakan pelanggan tidak ada ditempat dan tidak dapat dihubungi saat pengiriman oleh kurir.
Luar Jabodetabek
9.8 Gratis ongkos kirim hingga Rp1.000.000 hanya untuk metode pengiriman reguler dari seluruh toko ke wilayah Luar Jabodetabek dengan minimum belanja mulai Rp100.000.
9.9 Promo ini tidak berlaku untuk pengiriman ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.
9.10 Berlaku untuk pengiriman ke 1 alamat yang sama dan hanya untuk produk yang dikirimkan oleh ruparupa.com.
9.11 Minimal belanja Rp100.000 terhitung dari total belanja setelah potongan Kode Promo/Voucher/Cashback.
9.12 Gratis ongkir berlaku 3x penggunaan dengan minimum belanja setiap bulannya.
9.13 Tidak berlaku penggabungan dengan metode "Pengiriman Instan”.
9.14 Tidak berlaku untuk metode pengambilan barang di toko.
9.15 Gratis Ongkir akan dianggap hangus apabila pengiriman pertama gagal dikarenakan pelanggan tidak ada ditempat dan tidak dapat dihubungi saat pengiriman oleh kurir.
Gratis Biaya Pengiriman GO-SEND
9.16 Gratis Ongkir hingga Rp10.000 dengan minimum belanja Rp200.000 berlaku untuk setiap checkout dengan metode pengiriman Instan ke Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan.
9.17 Masukkan kode voucher GRATISONGKIR saat checkout.
9.18 Produk dapat dikirimkan dari toko yang berbeda tergantung dari ketersediaan produk. Satu driver GOJEK hanya dapat mengirimkan produk dari 1 toko yang sama.
9.19 Tidak berlaku penggabungan metode pengiriman reguler.
9.20 Tidak berlaku penggabungan dengan produk yang diambil di toko.
9.21 Tidak berlaku untuk pembelian produk Flash Sale dan tidak dapat digabungkan dengan kode promo lainnya.
9.22 Gratis Ongkir akan hangus jika pengiriman pertama gagal karena pelanggan tidak ada ditempat dan tidak dapat dihubungi saat pengiriman oleh kurir.
10. Pengambilan Pesanan
Ruparupa sebagai Omni Channel menyediakan fitur pengambilan pesanan yang memungkinkan Pengguna untuk dapat mengambil Produk di Jaringan Toko Ruparupa:
10.1 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa tidak semua Produk yang tersedia di Platform Ruparupa dapat dilakukan pengambilan Pesanan dan hanya Jaringan Toko Ruparupa yang memiliki stok Produk terkait yang dapat dilakukan pengambilan Pesanan.
10.2 Pengguna wajib melakukan pengambilan Pesanan pada Jaringan Toko Ruparupa yang telah ditentukan pada saat melakukan pembelanjaan.
10.3 Jika Pengguna menggunakan metode pengambilan Pesanan dalam Pembelanjaannya, maka Pengguna tidak dibebankan biaya pengiriman.
10.4 Pengguna menyetujui bahwa pengambilan Pesanan baru dapat dilakukan setelah Pengguna mendapatkan notifikasi pengambilan pesanan (email/push notification) atau melalui perubahan status Pesanan di Akun Saya.
10.5 Ruparupa berhak membatalkan Pesanan yang tidak diambil setelah melewati waktu 7 (tujuh) hari sejak pesanan tersebut siap diambil. Ruparupa akan mengembalikan dana atas pembatalan Pesanan tersebut.
10.6 Pengambilan Pesanan dapat dilakukan Pengguna/diwakilkan oleh orang lain pada pukul 11.00 - 22.00 dengan menyebutkan atau menunjukkan kode unik pengambilan yang dikirimkan ke alamat email Pengguna atau dengan menunjukkan KTP/SIM asli.
10.7 Pengguna/perwakilan Pengguna wajib melakukan pengecekan/meminta pengetesan Produk pada saat melakukan pengambilan Pesanan.
10.8 Ruparupa tidak bertanggung jawab apabila terjadi penyalahgunaan kode unik pengambilan oleh perwakilan Pengguna.
10.9 Jika Pengguna melakukan perubahan metode tipe Pesanan dari pengambilan menjadi pengiriman, maka Pengguna akan dikenakan Ongkir Belanja sesuai dengan layanan pengiriman yang tersedia di Platform Ruparupa.
11. Instalasi
11.1 Instalasi produk ACE Hardware dan Informa akan dilakukan secara terpisah dan dijadwalkan setelah penerimaan produk.
11.2 Kerusakan dan risiko yang timbul akibat instalasi dari pihak lain selain Informa & ACE Hardware berada diluar tanggung jawab Ruparupa dan tidak dapat diklaim.
11.3 Untuk konfirmasi jadwal dan perincian biaya instalasi, Pengguna dapat menghubungi Ruparupa.
11.4 Kecuali ditentukan lain, semua Produk marketplace yang dijual di Platform Ruparupa tidak termasuk instalasi.
Ace Hardware
11.5 Estimasi biaya instalasi untuk produk ACE Hardware akan dihitung oleh pihak toko berdasarkan jenis produk.

11.6 Biaya instalasi untuk alamat yang melebihi 30km dari jarak Pool Installer, maka akan dikenakan biaya tambahan.

11.7 Biaya instalasi dihitung per-kedatangan teknisi.
Informa
11.6 Gratis biaya pengiriman untuk member Informa dengan pembelanjaan di atas Rp2.000.000 dari toko yang sama, dan gratis biaya pengiriman untuk non-member dengan pembelanjaan di atas Rp4.000.000 dari toko yang sama.
11.7 Bagi member Informa yang melakukan transaksi di bawah Rp2.000.000 atau non-member dengan transaksi di bawah Rp4.000.000, akan dikenakan biaya pengiriman sebesar Rp 300.0000. Silakan menghubungi help@ruparupa.com untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biaya pengiriman Informa.
11.8 Gratis biaya instalasi untuk member Informa dengan pembelanjaan di atas Rp 2.000.000 dari toko yang sama, dan gratis biaya instalasi untuk non-member dengan pembelanjaan di atas Rp 4.000.000 dari toko yang sama.
11.9 Bagi member Informa yang melakukan transaksi di bawah Rp2.000.000 atau non-member dengan transaksi di bawah Rp4.000.000, akan dikenakan biaya instalasi sebesar Rp250.000. Silakan menghubungi help@ruparupa.com untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biaya instalasi Informa.
11.10 Biaya instalasi untuk alamat yang melebihi 30km dari jarak Pool Installer, maka akan dikenakan biaya tambahan.
11.11 Biaya instalasi dihitung per-kedatangan teknisi.
Selma
11.12 Gratis biaya pengiriman untuk member Informa dengan pembelanjaan di atas Rp2.000.000 dari toko yang sama, dan gratis biaya pengiriman untuk non-member dengan pembelanjaan di atas Rp3.000.000 dari toko yang sama.

11.13 Bagi member Selma yang melakukan transaksi di bawah Rp2.000.000 atau non-member dengan transaksi di bawah Rp3.000.000, akan dikenakan biaya instalasi sebesar Rp250.000. Silakan menghubungi help@ruparupa.com untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biaya instalasi Selma.

11.14 Biaya instalasi untuk alamat yang melebihi 20km dari jarak Pool Installer, maka akan dikenakan biaya tambahan.

11.15 Biaya instalasi dihitung per-kedatangan teknisi.
Instalasi AC
11.16 Setiap pembelian unit AC di Ruparupa akan mendapatkan jasa layanan instalasi secara gratis.
11.17 Brand AC yang mendapatkan instalasi gratis antara lain, Sharp, Samsung, Daikin, LG, Panasonic, Electrolux, dan Polytron.
11.18 Area yang mendapatkan jasa layanan instalasi AC gratis meliputi, Jabodetabek serta beberapa wilayah di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi yang disesuaikan dengan jangkauan area masing-masing brand AC.
11.19 Biaya tambahan akan dikenakan untuk jasa layanan di luar pemasangan unit AC.
11.20 Layanan instalasi AC akan dilakukan dengan estimasi H+3 sejak unit diterima di lokasi pelanggan.
11.21 Kelengkapan produk dan jasa yang diterima oleh pelanggan akan disesuaikan dengan layanan yang disediakan masing-masing brand AC.
11.22 Instalasi AC akan dilakukan oleh teknisi dari pihak ketiga. Khusus untuk instalasi AC brand Samsung di area Jakarta dan Bogor akan dilakukan oleh teknisi Informa.
11.23 Silakan menghubungi help@ruparupa.com untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jasa instalasi AC, cakupan wilayah, biaya tambahan, serta informasi lainnya.
Instalasi Dekorasi Dinding
11.24 Gratis biaya instalasi produk dekorasi dinding (wall decor) untuk member Informa dengan pembelanjaan di atas Rp 2.000.000 dari toko yang sama. Untuk pembelanjaan di bawah Rp 2.000.000 akan dikenakan biaya instalasi sebesar Rp 100.0000. Silakan menghubungi help@ruparupa.com untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biaya instalasi produk dekorasi dinding Informa.
11.25 Gratis biaya instalasi produk dekorasi dinding (wall decor) untuk non-member Informa dengan pembelanjaan di atas Rp 4.000.000 dari toko yang sama. Untuk pembelanjaan di bawah Rp 4.000.000 akan dikenakan biaya instalasi sebesar Rp 200.0000. Silakan menghubungi help@ruparupa.com untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biaya instalasi produk dekorasi dinding Informa.
12. Garansi
12.1 Ruparupa menjual Produk orisinil, tetapi tidak semua Produk memiliki garansi. Pengguna diharapkan membaca deskripsi Produk untuk mengetahui informasi garansi Produk tersebut.
12.2 Syarat, ketentuan, dan masa berlaku garansi mengacu pada masing-masing penyedia Produk.
12.3 Garansi Produk tidak berlaku apabila dilakukan perbaikan di luar pusat servis yang ditunjuk.
13. Servis
13.1 Pada saat melakukan servis, ada beberapa suku cadang yang tidak ditanggung dalam garansi sehingga akan menimbulkan biaya servis.
13.2 Servis dilakukan di tempat yang sesuai dengan lokasi servis pada ketentuan garansi.
14. Promosi
14.1 Ruparupa berhak untuk mengadakan kegiatan promosi dengan Syarat dan Ketentuan khusus yang berbeda-beda antara satu promosi dan promosi lainnya. Pengguna diharapkan untuk membaca secara saksama setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku pada promosi yang sedang berlangsung.
14.2 Satu Pelanggan hanya dapat mengikuti promo 1 kali dengan menggunakan 1 akun dengan verifikasi email dan/atau alamat dan/atau nomor handphone dan/atau ID pelanggan yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama dan/atau riwayat transaksi yang sama di Ruparupa. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 akun oleh 1 Pelanggan yang mempunyai informasi akun yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama, maka Pelanggan tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo Ruparupa.
14.3 Jika terjadi kesalahan promosi, termasuk namun tidak terbatas pada gambar, spesifikasi, harga, warna, kemasan, jumlah, kuota promosi, maka Ruparupa berhak membatalkan Pesanan yang terkait. Jika kami menemukan kesalahan yang mempengaruhi pesananmu, kami akan segera memberitahu kamu. Untuk beberapa kasus tertentu, Ruparupa berhak untuk membatalkan transaksi secara sepihak atas pertimbangan tertentu.
14.4Jika diduga/ditemukan indikasi pelanggaran promosi, manipulasi, kecurangan atau pelanggaran-pelanggaran Syarat dan Ketentuan Ruparupa dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia, Ruparupa berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sesuai dengan pasal 23. Pelanggaran.
14.5 Pengguna menyetujui bahwa Produk yang dijual dengan potongan harga/diskon sama dengan atau lebih besar dari 70%, Produk tersebut dapat merupakan produk display/rekondisi.
14.6 Pengguna akan mendapatkan berbagai informasi promo terbaru dan penawaran eksklusif. Namun Pengguna dapat berhenti berlangganan (unsubscribe) jika tidak ingin menerima informasi tersebut.
15. Voucher
15.1 Ruparupa berhak menerbitkan, menetapkan Syarat dan Ketentuan khusus yang berbeda-beda antara satu jenis voucher dan jenis voucher lainnya untuk promosi, pemberian hadiah, atau kepentingan lainnya, seperti:
  • Terdapat voucher yang memiliki batas minimum Pembelanjaan untuk dapat digunakan dan voucher yang tidak memiliki batas minimum Pembelanjaan untuk dapat digunakan.

  • Terdapat voucher yang dapat digunakan oleh semua akun (dapat dipindahtangankan) dan voucher yang tidak dapat digunakan oleh akun lainnya (account binding).

  • Terdapat voucher yang dapat dikembalikan dan tidak dapat dikembalikan (hangus) jika terjadi pembatalan atau pengembalian Pesanan.

  • Terdapat voucher yang dapat digabungkan dan tidak digabungkan untuk penggunaannya.

  • Jenis voucher lainnya.

15.2 Pengguna dilarang memperjualbelikan voucher yang diberikan oleh ruparupa dalam situasi dan kondisi apapun dan dengan cara apapun.
15.3 Ruparupa tidak bertanggung jawab atas kehilangan, pencurian, atau tidak terbacanya voucher yang telah diterima oleh pengguna.
15.4 Jika voucher sudah melewati masa berlakunya atau expired, maka voucher tersebut sudah tidak dapat diperpanjang ataupun digunakan kembali.
15.5 Jika nominal Pembelanjaan lebih kecil daripada nominal voucher yang digunakan, maka selisih dari nilai voucher tersebut hangus/tidak dikembalikan.
15.6 Voucher yang dikembalikan memiliki masa berlaku serta syarat dan ketentuan yang sama dengan voucher yang digunakan.
15.7 Jika Pengguna sudah menggunakan voucher tetapi tidak menyelesaikan pembayaran hingga batas waktu yang ditentukan maka voucher akan hangus dan tidak dapat digunakan kembali (kecuali ditentukan lain).
15.8 Voucher masih mungkin dapat dibatalkan sepihak dalam waktu 1 x 24 jam setelah digunakan.
15.9 Pengguna hanya dapat menebus 1 (satu) voucher untuk tiap kampanye promosi. Ruparupa berhak untuk membatalkan pesanan berikutnya yang Anda lakukan yang menggunakan kode voucher untuk kampanye promosi yang sama.
15.10 Voucher promosi hanya berlaku untuk halaman check-out secara online saja baik di situs atau aplikasi mobile Ruparupa. Penyerahan voucher secara fisik ke karyawan Ruparupa tidak dapat diterima.
15.11 Apabila terdapat penipuan atau apabila ada dugaan tindakan ilegal terkait dengan penebusan voucher di Platform, Ruparupa berhak untuk menutup akun Anda dan/atau meminta alat pembayaran yang berbeda.
15.12 Dalam kasus yang jarang terjadi, Ruparupa sesuai kebijakannya sendiri dapat menghentikan atau membatalkan voucher yang dikeluarkan sebelumnya dan tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang timbul darinya.
15.13 Voucher tidak dapat digantikan dengan uang atau diuangkan.
15.14 Ruparupa berhak untuk sewaktu-waktu mengubah Ketentuan ini atau membatalkan setiap promosi tanpa pemberitahuan.
16. Point Rewards
16.1 Berlaku untuk keanggotaan Informa Rewards Club.
16.2 Untuk dapat menggunakan layanan atau fitur Point Rewards, status keanggotaan Pengguna harus masih aktif.
16.3 Untuk mendapatkan poin dari pembelanjaan pada Platform Ruparupa, sebelum melakukan Pembelanjaan, Pengguna harus melakukan login akun dan memasukkan nomor member dan passkey pada menu Profile Saya.
16.4 Jika Pengguna sudah melakukan Pembelanjaan, tetapi belum memasukkan nomor member, maka poin tidak akan didapatkan dan tidak bisa ditambahkan secara manual.
16.5 Hanya berlaku untuk Pembelanjaan produk yang berasal dari toko yang sesuai dengan membership tersebut:
  • Informa Rewards berlaku untuk Pembelanjaan Produk Informa.

16.6 Produk yang dikirimkan dari Distribution Center (DC) tidak mendapatkan poin.
16.7 Kategori Produk voucher fisik & jasa tidak mendapatkan poin.
16.8 Jika terjadi pembatalan/pengembalian Pesanan, maka jumlah poin yang didapatkan juga akan hangus sesuai nilai pembatalan/pengembalian tersebut.
16.9 Untuk menukarkan poin yang dimiliki, Pengguna harus memiliki minimum poin yang cukup sesuai yang tertera pada menu Tukar Poin.
16.10 Apabila Pengguna tidak mendapatkan poin setelah melakukan Pembelanjaan, Pengguna dapat menghubungi Ruparupa.
17. Faktur Pajak
17.1 Permintaan faktur pajak hanya dapat diajukan sebelum pengguna melakukan checkout. Pengecualian berlaku untuk perusahaan penyedia produk yang belum bergabung dengan sistem cohesive atau penggabungan rewards dengan ruparupa. Dalam hal ini, permintaan faktur pajak dapat diajukan saat pesanan dibuat, atau maksimum di bulan berjalan atau di bulan yang sama saat Pembelanjaan dilakukan.
17.2 Faktur pajak akan dibuat berdasarkan perusahaan penyedia produk (PT Ace Hardware Indonesia/PT Home Center Indonesia/PT Toys Games Indonesia/PT Omni Digitama Internusa/PT Graha Satwa Paramita).
17.3 Permintaan faktur pajak harus melampirkan NPWP dalam bentuk asli atau copy.
17.4 Faktur pajak hanya tersedia untuk produk yang dikirim oleh Ruparupa.
17.5 Estimasi pengerjaan faktur pajak adalah 14 hari sejak diajukan.
18. Pengalihan Pesanan
18.1 Ruparupa berhak mengalihkan Pesanan ke toko lainnya apabila Produk dalam Pesanan Pengguna tidak tersedia, termasuk namun tidak terbatas pada:
  • Produk Kosong; dan/atau

  • Produk Rusak; dan/atau

  • Produk Cacat; dan/atau

  • Produk Tidak Lengkap.

18.2 Apabila pada saat proses pengalihan Pesanan, Ruparupa tidak dapat melakukan penggantian terhadap Pesanan Pengguna karena ketidaktersediaan Produk sesuai dengan Zona, maka Ruparupa berhak melakukan pembatalan atas Pesanan dan melakukan pengembalian dana setelah konfirmasi ke pengguna.
18.3 Jika terdapat perbedaan Zona sehingga mengakibatkan selisih harga dan tarif pengiriman berbeda, maka Ruparupa berhak menagihkan biaya kelebihannya kepada Pengguna berdasarkan konfirmasi.
18.4 Dalam melakukan pengalihan Pesanan, Ruparupa berhak mengubah metode pemenuhan Pesanan.
18.5 Ruparupa akan menginformasikan Pengguna melalui email apabila terjadi pengalihan Pesanan.
19. Pembatalan Pesanan
19.1 Pengguna menyetujui bahwa Ruparupa berhak membatalkan Pesanan Pengguna dikarenakan situasi dan kondisi, termasuk namun tidak terbatas pada pasal 21. Pelanggaran yang tertera pada Syarat dan Ketentuan ini.
19.2 Pengguna dapat mengajukan pembatalan apabila pesanan belum dilakukan proses penyiapan oleh Toko.
19.3 Pengajuan pembatalan oleh Pengguna hanya dapat dilakukan untuk seluruh produk pada pesanan (tidak dapat batalkan untuk sebagian produk saja).
19.4 Ruparupa berhak menolak pengajuan pembatalan Pesanan apabila pesanan sudah dalam proses penyiapan Pesanan di Toko.
Ace Hardware
19.5 Pesanan yang dibatalkan akan dilakukan pengembalian dana sesuai dengan metode pembayaran awal yang dipilih oleh Pengguna tetapi tidak berlaku untuk pembatalan pesanan karena alasan pribadi.
20. Pengembalian Pesanan
20.1 Pengembalian Pesanan hanya dapat diproses apabila Pengguna melakukan pengajuan dalam waktu 7(tujuh) hari:
  • Pengajuan retur dengan alasan pribadi tidak dapat dilakukan proses Refund jika Original Packing dalam kondisi sudah dibuka atau rusak..

  • Pengiriman Pesanan: sejak pesanan diterima sesuai dengan dokumen pengiriman seperti Airway Bill, Delivery Order, atau Delivery Note.

  • Pengambilan Pesanan: sejak pesanan dilakukan pengambilan. Khusus produk Selma, pengajuan pengembalian barang dengan alasan pribadi dilakukan dalam waktu 3 (tiga) hari berlaku mulai 1 November 2023

20.2 Pengajuan pengembalian Pesanan hanya dapat diproses apabila Pengguna sudah melengkapi:
  • Membuat video unboxing dari awal pembukaan segel paket.

  • Foto Produk (minimum 3 (tiga) foto dari sisi yang berbeda).

  • Informasi dan kronologis kejadian yang terkait.

  • Alamat pengambilan Pesanan yang diajukan pengembaliannya.

20.3 Pengembalian Pesanan dapat diproses jika alasan pengembalian dan kondisi produknya sesuai dengan berikut:
  • Produk rusak, dan/atau

  • Produk cacat, dan/atau

  • Produk tidak sesuai dengan keterangan di website/aplikasi mobile, dan/atau

  • Produk tidak lengkap, dan/atau

  • Produk tidak sesuai Pesanan, dan/atau

  • Keterlambatan pengiriman, dan/atau

  • Alasan pribadi/berubah pikiran (Pengguna harus mengirimkan Pesanan sendiri ke alamat pengembalian yang ditentukan Ruparupa apabila pengembalian diajukan dengan Alasan pribadi/berubah pikiran).

20.4 Ruparupa berhak menolak pengembalian pesanan jika produk mengalami kendala atau kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian customer seperti:
  • Kesalahan penggunaan; dan/atau

  • Terjatuh, terbentur, atau tergores; dan/atau

  • Terkena cairan; dan/atau

  • Kecelakaan; dan/atau

  • Bencana alam; dan/atau

  • Kesalahan instalasi; dan/atau

  • Sudah dibongkar pasang; dan/atau

  • Mengubah atau merusak stiker garansi, nomor seri, dan tanda keaslian; dan/atau

  • Memodifikasi atau memperbaiki.

20.5 Kategori produk yang tidak dapat dikembalikan:
  • Makanan hewan dan produk habis pakai seperti popok, oli, cairan pembersih, atau cat, kecuali saat diterima Pengguna, Produk sudah terbuka, rusak/cacat, kadaluarsa, berbau tidak seharusnya, dan/atau tidak sesuai dengan Pesanan.

  • Voucher fisik ACE Hardware, Informa, Chatime, atau Toys Kingdom.

  • NEW MEMBER ACE REWARDS & NEW MEMBER INFORMA REWARDS

20.6 Estimasi waktu penyelesaian atas pengajuan pengembalian produk adalah maksimal 14 (empat belas) hari kerja, terhitung dari tanggal pengajuan pengembalian.
20.7 Pengembalian barang Informa dengan alasan pribadi, akan dikenakan biaya tarik & kirim dengan ketentuan sebagai berikut :
1) Pelanggan yang sudah membayar biaya pengiriman & pemasangan dikenakan biaya tarik kirim sebagai berikut :
Barang telah dikirim Barang telah dipasang Biaya tarik & kirim yang dikenakan ke pelanggan
X X X
? X ?
? ? ?
Catatan :
? = Ya , X = Tidak
Biaya tarik & kirim mengikuti ketentuan biaya pengiriman sesuai dengan Kebijakan Biaya Pengiriman dan Instalasi Barang Pelanggan.
2) Pelanggan yang mendapat fasilitas gratis biaya kirim dan pasang, maka pada saat pelanggan mengajukan pembatalan (balasan pribadi), akan dikenakan biaya tarik kirim sebagai berikut :
Barang telah dikirim Barang telah dipasang Biaya tarik & kirim yang dikenakan ke pelanggan
Tukar barang lain Pengembalian Dana
X X X 10%
? X X 15%
? ? 20% 20%
Catatan :
1) Persentase dihitung dari harga produk pada saat pembelian
2) Biaya yang dikenakan dapat dipotong langsung dari jumlah pengembalian dana ataupun pembayaran terpisah di luar transaksi yang dikembalikan
20.8 Untuk proses pengembalian produk yang dilakukan tanpa membuat akun Ruparupa (Guest Checkout) dapat dilakukan dengan klik disini . Pengembalian untuk proses Guest Checkout hanya dapat berupa voucher belanja. Untuk pengembalian menjadi dana, silahkan mendaftar terlebih dahulu dengan email yang digunakan untuk berbelanja.
21. Pengembalian Dana
21.1 Pengembalian dana akan dilakukan saat proses pembatalan/pengembalian pesanan telah diterima dan diverifikasi oleh Ruparupa.
21.2 Jika pengembalian dana dilakukan karena kesalahan Ruparupa, maka dana akan dikembalikan sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan Pengguna saat melakukan pembelanjaan:
  • Bank Transfer: dikembalikan dalam bentuk voucher yang dapat dicairkan (estimasi 1-2 hari kerja)

  • Kartu Kredit: pengembalian limit kartu kredit (estimasi 7-14 hari kerja)

  • Debit Online: dikembalikan dalam bentuk voucher yang dapat dicairkan (estimasi 1-2 hari kerja)

  • OVO: dikembalikan dalam bentuk voucher yang dapat dicairkan (estimasi 1-2 hari kerja)

  • GoPay: pengembalian saldo GoPay (estimasi 3-7 hari kerja)

21.3 Pengguna dapat mencairkan voucher (transfer dana ke rekening Pengguna) melalui tombol Cairkan Dana yang terdapat pada menu Voucher Saya, dengan ketentuan:
  • Voucher termasuk voucher yang dapat dicairkan

  • Voucher masih aktif (belum digunakan dan belum melewati expired date).

  • Estimasi dana masuk ke rekening BCA: 1-2 hari kerja.

  • Estimasi dana masuk ke rekening selain BCA: 2-5 hari kerja.

21.4 Jika pengembalian dana dilakukan karena alasan pribadi, maka dana akan dikembalikan dalam bentuk voucher yang tidak dapat dicairkan.
21.5 Sehubungan dengan ayat 20.2, Pengguna juga dapat memilih metode pengembalian dana dalam bentuk voucher belanja (estimasi 1-2 hari kerja).
Penggantian Biaya Kirim Pembelanjaan
21.6 Ruparupa akan mengganti biaya kirim yang dibayarkan Pengguna pada saat Pembelanjaan untuk setiap pembatalan atau pengembalian Pesanan yang terjadi, kecuali:
  • Pembatalan Pesanan diajukan oleh Pengguna.

  • Pengembalian Pesanan diajukan Pengguna dengan alasan pribadi/berubah pikiran.

  • Pencairan voucher refund dengan nominal Rp 2.000.000 atau lebih yang dilakukan diatas pukul 16.00 WIB akan diproses pada hari kerja berikutnya.

21.7 Pengembalian biaya kirim bersifat proporsional berdasarkan jumlah Produk pada Pesanan terkait.
Pembebanan atau Penggantian Biaya Kirim Retur
21.8 Ruparupa berhak membebankan biaya kirim untuk menjemput Pesanan yang diretur Pengguna apabila pengembalian Pesanan diajukan dengan alasan pribadi/berubah pikiran.
21.9 Jika pengembalian Pesanan dikirimkan sendiri oleh Pengguna, maka Ruparupa akan mengganti biaya kirim returnya apabila:
  • Alasan pengembalian Pesanan yang diajukan Pengguna bukan merupakan alasan pribadi/berubah pikiran.

  • Pengguna dapat menunjukkan/melampirkan bukti resi pengiriman.

21.10 Biaya kirim yang dibayarkan Pengguna akan diganti Ruparupa sesuai dengan tarif reguler jasa logistik yang bekerja sama dengan ruparupa.com.
22. Pelanggaran
22.1 Jika diduga/ditemukan indikasi pelanggaran/penyalahgunaan yang dilakukan Pengguna yang merugikan Ruparupa, termasuk namun tidak terbatas pada:
  • Pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang sama; dan/atau

  • Nomor telepon yang sama; dan/atau

  • Alamat pengiriman yang sama; dan/atau

  • Nomor rekening/kartu kredit/debit/identitaPengembangan Sistems pembayaran yang sama; dan/atau

  • Riwayat Pembelanjaan yang sama; dan/atau

  • Manipulasi/merekayasa Pembelanjaan, promosi, dan/atau voucher.

22.2 Sehubungan dengan ayat 21.1, maka Ruparupa berhak untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada:
  • Membatalkan Pesanan Pengguna,

  • Menarik promosi, diskon, cashback, voucher atau benefit lainnya,

  • Meminta pengembalian subsidi promosi, diskon, cashback, atau benefit lainnya yang telah diterima Pengguna,

  • Tidak mengembalikan voucher yang telah digunakan./p>

  • Menutup dan menonaktifkan akun Pengguna.

  • Membatalkan atau melakukan deaktivasi voucher yang telah diterbitkan sebelumnya.

  • Menempuh jalur hukum jika merugikan secara finansial

23. Komunikasi Elektronik
Ketika Pengguna menggunakan layanan yang ada di Ruparupa, Pengguna setuju untuk berkomunikasi dengan Ruparupa secara elektronik seperti melalui email, telepon, media sosial, live chat, dan sebagainya.
24. Kebijakan Privasi
Pengguna dapat melihat Kebijakan Privasi Ruparupa yang berisi tentang cara mengumpulkan, menggunakan, atau mengungkapkan informasi pribadi Pengguna, dan praktik perlindungan Pengguna di Platform ruparupa. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Pengguna juga menyetujui seluruh isi Kebijakan Privasi Ruparupa yang tertera di dalam Platform Ruparupa.
25. Hak Kekayaan Intelektual
25.1 PT Omni Digitama Internusa adalah pemilik tunggal atau pemegang sah semua hak atas Platform Ruparupa dan seluruh Konten yang ada di Platform Ruparupa.
25.2 Tidak ada bagian-bagian dari Platform Ruparupa yang dapat direproduksi, direkayasa, dipisahkan, diubah, didistribusikan, republished, ditampilkan, disiarkan, ditautkan (hyperlinked), direfleksikan (mirrored), disusun (framed), ditransfer atau dikirim dengan cara apapun atau disimpan/dipasang dalam suatu sistem pencarian informasi atau dipasang pada suatu server, sistem atau peralatan, tanpa izin tertulis sebelumnya dari Ruparupa atau dari pemilik hak cipta yang bersangkutan.
25.3 Izin hanya akan diberikan kepada Pengguna untuk mengunduh, mencetak atau menggunakan konten Platform Ruparupa untuk penggunaan pribadi dan non-komersial, dengan ketentuan Pengguna tidak mengubah konten Ruparupa atau pemilik hak cipta yang bersangkutan adalah pemegang semua/tiap hak cipta dan hak kekayaan intelektual lainnya yang terkandung dalam situs ini.
26. Pengembangan Sistem
Untuk memberikan kenyamanan lebih pada pengalaman berbelanja Pengguna, Ruparupa rutin melakukan pengembangan sistem selama beberapa waktu. Selama berjalannya proses tersebut, maka Ruparupa berhak membatalkan Pesanan Pengguna apabila ditemukan ketidaksesuaian yang dapat merugikan Pengguna ataupun Ruparupa.
27. Pelepasan
Jika Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pihak, Pengguna melepaskan Ruparupa (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan Karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan perselisihan atau sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
28. Ganti Rugi
Pengguna akan melepaskan Ruparupa dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Ruparupa (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan Karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Syarat dan Ketentuan ini, penggunaan layanan Ruparupa yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.
29. Ketidakabsahan
Bilamana bagian dari Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah atau tidak dapat diberlakukan karena hukum dan peraturan yang berlaku, Pegguna menyetujui bahwa ketidakabsahan tersebut tidak mempengaruhi bagian lain pada Syarat dan Ketentuan ini. Ruparupa akan berusaha untuk memperbaharui ketentuan tersebut supaya menjadi sah dan tidak melanggar hukum.
30. Perselisihan dan Pilihan Hukum
Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia. Segala perselisihan yang mungkin timbul antara Pengguna dan Ruparupa sehubungan dengan penggunaan layanan Ruparupa akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.
31. Perbedaan Informasi
Jika terjadi adanya perbedaan promosi, Syarat dan Ketentuan serta informasi apapun yang tertera pada Platform Ruparupa dan di luar Platform Ruparupa, maka informasi, promosi, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku adalah yang tertera pada Platform Ruparupa (website www.ruparupa.com / aplikasi ruparupa)
32. Perubahan
32.1 Ruparupa setiap saat berhak untuk melakukan perubahan pada Platform, kebijakan, serta Syarat dan Ketentuan layanan, termasuk namun tidak terbatas pada promosi, harga Produk, konten, biaya pengiriman, biaya layanan, biaya instalasi, dan biaya survei.
32.2 Syarat dan Ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Pengguna diharapkan selalu membaca setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku di Ruparupa dengan saksama.
ruparupa Care